Posted by : star5 Friday, November 16, 2012


Ada yang unik nih menjelang pemilihan kepala daerah Sumatra Utara. Sejak dibuka tanggal 10 Nopember kemaren belum ada calon gubernur yang mendaftar secara resmi ke KPU Sumut. Situs resmi KPU Sumut menuliskan bahwa pendaftaran bakal calon gubernur Sumut berakhir tanggal 16 Nopember 2012, namun belum ada satu calonpun yang mendaftar.

Sepertinya masing-masing parpol sedang menggodok kadernya siapa yang diusung menjadi cagub Sumut. Namun dari media saya coba kumpulkan daftar nama calon gubernur Sumut yang diusung oleh partai politik.

Berikut adalah kemungkinan bakal calon GUBSU atau wakil GUBSU

1. Sutan Bhatoegana (Demokrat)
2. Chairuman Harahap (Golkar)
3. Amri Tambunan (Demokrat)
4. Gus Irawan Pasaribu
5. Ir. H.T Erry Nuradi, MSi
6. R.E Nainggolan
7. Effendi Simbolon (PDIP)

Nama-nama lain? Belum beredar sepertinya.

Yang unik adalah Ruhut Sitompul kader Demokrat mengatakan tak tertarik menjadi Gubernur Sumut. Informasi lain, menurut KPU Sumut tak ada calon independen yang memenuhi syarat untuk maju di pilgub Sumut. Sebelumnya telah mendaftar dari jalur independeh pasangan Hasbullah Hadi-Azzidin dan Rohanna Sianipar Herutomo-Irwan Zaeni. Namun tak ada yang lolos.

Update 16 November 2012

Sudah ada 4 calon gubernur dan wakil gubernur Sumut yang telah mendaftar secara resmi ke KPU Sumut yaitu :
  1. Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Errry Nuradi yang didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Patriot dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).
  2. Gus Irawan Pasaribu dan Soekirman didukung oleh  Partai Gerindra, Partai kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Amanat Nasional, Partai Bintang Reformasi dan 18 partai lainnya.
  3. Effendi Muara Sakti Simbolon dan Djumiran Abdi didukung oleh PDI Perjuangan dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
  4. Chairuman Harahap dan Fadly Nurzal didukung oleh Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Republik Nusantara, Partai Pemuda Indonesia dan Partai Buruh 
  5. Amri Tambunan dan RE Nainggolan (Partai Demokrat)

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

    - Copyright © Tribun Dewasa -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -