Posted by : star5 Thursday, September 13, 2012


Profil Sam Bacile. Melanjutkan posting sebelumnya tentang Film Innocence of Muslims yang memicu kerusuhan di beberapa negara. Namanya Sam Bacile. Seorang warga California AS yang juga mengaku keturunan Israel.

Tak banyak data yang saya dapatkan tentang profil lengkap Sam Bacile. Bahkan foto Sam Bacile tidak ada di hasil pencarian gambar Google.

Kepada Associated Press (AP), Bacile mengaku berusia 56 tahun. Namun kepada Wall Street Journal ia mengaku berusia 52 tahun. Tetapi, berbeda lagi jika melihat profilenya di akun YouTube, ia mengaku berusia 75 tahun.

Sam Bacile juga pernah berjanji akan membuat film kerohanian lainnya, seperti dirilis oleh dnaindia.com. Bacile sebenarnya bukanlah seorang pembuat film, dilaporkan dia bekerja di bidang jual beli rumah. Meskipun mengaku tinggal di California, tidak ada catatan mengenai alamat tempat tinggalnya sama sekali.

Steve Klein memberitahu Majalah Atlantic bahwa Bacile bukanlah orang Israel ataupun Yahudi. Klein mengatakan hal itu sebab Bacile mengontaknya untuk film tersebut. Klein juga menambahkan bahwa Sam Bacile adalah nama samaran. Ia menegaskan, pembuat film itu bukan warga Israel bahkan mungkin bukan Yahudi. Film yang mengeluarkan biaya sekitar Rp 40 milyar tersebut, menurut Bacile, didanai oleh 100 orang Yahudi. "Film ini merupakan film politik, bukan film agama," katanya.

Masyarakat harus bisa berpikir lebih kritis dalam menyikapi hal ini dan jangan termakan emosi. Agama merupakan salah satu jalan yang dipikirkan manusia untuk mengenal Penciptanya. Jangan sampai dengan nama agama, kita membunuh sesama kita. Dan hendaklah kita mulai berpikir sebelum melakukan sesuatu. Jika memang membuat film dapat menyinggung banyak orang, apalagi terjadi pembunuhan, alangkah lebih baiknya jika film tersebut tidak ada.

Update :

Kepolisian AS sudah menangkap seseorang bernama  Nakoula Basseley yang tak lain adalah Sam Bacile. Pria berusia 55 tahun ini kini tinggal di Cerritos, Kalifornia di wilayah Los Angeles.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tribun Dewasa -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -