Posted by : star5 Saturday, October 6, 2012


Saya penasaran baca berita ini di tribunnews.com. berjudul "Fenomena Jempol Raksasa Menunjuk Indonesia di Google Earth". Isi beritanya seperti ini.

Sebuah pemandangan mengejutkan terlihat dari sebuah citra satelit. Gambar yang menunjukkan sebuah samudra luas membentuk gambar sebuah tangan dengan ibu jari atau jempol. Uniknya, ibu jari tersebut menunjuk ke arah Indonesia.

Dalam citra satelit yang dikeluarkan oleh Departemen Geografi Amerika Serikat melalui Google Earth tersebut terlihat sebuah gelombang laut di samudera pasifik membentuk sebuah gambar menyerupai jempol. Gambar yang dikeluarkan tahun 2012 tersebut dinilai sangat unik.

Namun hingga kini belum ada penjelasan terkait gambar satelit yang menyerupai ibu jari manusia tersebut. Termasuk kaitannya dengan fenomena alam yang akan terjadi dan menimpa wilayah Indonesia.

Setelah saya telusuri ternyata berita ini bukan berita baru, sudah ada di beberapa blog sejak tahun lalu. Coba simak berita ini yang saya ambil dari Forum Kaskus

Coba anda iseng membuka Google Earth, dan lihat peta Indonesia, ambil di arah Kepulaun Papua, maka anda akan melihat sebuah bentuk unik dari relief bumi yaitu sebuah tangan yang mengancungkan jempol ke arah Kepulauan Indonesia. Arah awal tangan tersebut berasal dari Kepulauan Jepang. Jika anda masih tidak percaya, silahkan zoom lebih dekat tangan tersebut mulai dari Kepulauan Jepang sampai ke arah kepulauan Indonesia. Silahkan anda renungkan sendiri, mengapa ada tangan yang mengancungkan jempol ke arah Indonesia....? Like.....


Dan menurut saya, apakah berita ini hoaks atau bukan? Jawabannya menurut saya ada di komentar di halaman posting Tribunnews sendir begini bunyi komentarnya "

Untuk wartawan penulis berita: 1) kekurangan berita; 2) ngga menguasai geografi; dan 3) baru buka google earth. Dari dulu, di google earth emang seperti itu. Coba, di zoom mas, itu adalah rangkaian kepulauan kecil di Samudera Pasifik, daerah yang tepat ditunjuk anak panah itu sekitar kepulauan Guam dan Palau, tetangganya Papua. Di rangkaian kepulauan itu ada Palung terdalam di dunia, namanya Palung Mariana yang kedalamannya mencapai 11 km. Belajar geografi lagi ya, kesannya buat berita HOAX.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tribun Dewasa -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -